Selamat Datang di situs TanyaIslam.Net. Web ini berisi kumpulan tanya jawab seputar masalah dalam keislaman dan Anda pun bisa ikut mengirimkan pertanyaan kepada kami..

banner2
banner3
banner1

PERTANYAAN RANDOM


PERTANYAAN

Bagaimana dengan penukilan dan penulisan Hadis di masa Rasulullah Saw?


JAWABAN


Dengan Nama-Nya Yang Mahatinggi
Para Pengguna Situs Tanya Islam Yang Budiman
Berkenaan dengan penulisan hadis secara lisan di masa Rasulullah saw dan periwayatannya dari mereka yang mendengar hadis langsung kepada yang tidak hadir, terdapat banyak bukti dalam kitab-kitab hadis , sekaligus menunjukkan sikap setuju Rasulullah saw  dengan bentuk penukilan hadis yang seperti ini. Sebagian bukti itu adalah sebagai berikut : 


1. kelompok syiah dan sunni meriwayatkan bahwa  Rasulullah  saw dalam rangka       menyampaikan khotbah di haji wada berkata, Semoga Allah membahagiaakan orang yang mendengar ucapanku lalu memahaminya kemudian menyampaikan kepada yang belum mendengarnya.
2. Thabrani menukil dari Abi Qirshafah yang meriwayatkan dari Rasulullah , bahwa beliau berkata, Sampaikan kepada orang lain apa yang kalian dengar dariku dan janganlah kalian berucap kecuali yang benar…
3. Dalam sebuah riwayat, beliau menekankan agar penukilan hadis menjadi satu tradisi yang bersifat abadi dan terus menerus di kalangan muslim,  : Ya Allah, rahmatilah khalifahku! ditanyakan kepada beliau, siapakah para khalifahmu ya Rasululah saw? Beliau menjawab : Mereka yang akan datang sesudahku dan meriwayatkan sabda-sabdaku lalu mengajarkan kepada umat manusia.   

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *