Selamat Datang di situs TanyaIslam.Net. Web ini berisi kumpulan tanya jawab seputar masalah dalam keislaman dan Anda pun bisa ikut mengirimkan pertanyaan kepada kami..

banner2
banner3
banner1

PERTANYAAN RANDOM


PERTANYAAN

Kita semua tahu alangkah banyaknya orang alim dan berilmu. Akan tetapi amat disayangkan (kebanyakan) di antara kita adalah ahli ilmu tapi bukan ahli amal. Pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah apa yang harus dilakukan dan berdaya guna sehingga tidak terbentang jarak yang menganga antara ilmu dan amal?


JAWABAN


Dengan Nama-Nya Yang Mahatinggi

Pengguna Site Tanya Islam Yang Budiman, 

Prinsip-prinsip Islam menegaskan bahwa ilmu dan pengetahuan akan bermakna dan bermanfaat tatkala disertai dengan amal kebaikan. Namun demikian kita menyaksikan bahwa sebagian orang berilmu memandang enteng dalam mengerjakan amal saleh. Boleh jadi hal ini bersumber dari pelbagai dalil. Di antara dalil tersebut adalah bahwa mereka hanya mempelajari pelbagai terminologi dan belum menjadi ilmuwan sejati, tidak menunaikan hak ilmunya, memilih dunia atas akhirat dan tidak memanfaatkan ilmu dengan baik.

 Mereka beranggapan bahwa apa yang selama ini mereka kerjakan telah memadai dan melalaikan apa kata Allah dan para wali-Nya. Memandang bahwa Tuhan itu Maha Pengampun dan Pemberi maaf. Mereka telah terjerembab pada waswas setan dan selalu menunda-nunda tatkala ingin mengerjakan kebaikan. Sesungguhnya mereka telah didominasi oleh makar Ilahi. Mereka beranggapan bahwa segala kedudukan dan harta yang didapatkan merupakan tanda keridhaan Tuhan kepadanya dan seterusnya.

Sebab itu, untuk menutupi segala kekurangan di atas manusia mesti berusaha dan senantiasa mengingat, berzikir kepada Allah Swt dan selalu mencari apa yang menjadi keridhaan Allah Swt.

Akan tetapi, bagaimanapun, kita tidak boleh berburuk sangka kepada orang-orang beriman; khususnya kepada ulama dan beranggapan bahwa mereka semua tidak mengerjakan amal saleh dan kebaikan-kebaikan. Karena jelas bahwa kebanyakan perbuatan baik, tidak tampak lahir dan luput dari perhatian orang lain. Boleh jadi alangkah banyaknya orang yang tidak terlalu terkenal dalam ibadah dan amal saleh namun sejatinya merupakan para kekasih Allah Swt yang tentu saja orang-orang yang melakukan dosa secara terang-terangan tidak termasuk dalam hitungan ini. [Tanya Islam]

Diadaptasi dari Islam Quest

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *