Apa makna hadis?

Dengan Nama-Nya Yang Mahatinggi

Para Pengguna Situs Tanya Islam Yang Budiman   

Hadis merupakan pecahan dari kata hadatsa atau hudust yang berarti terjadi dan muncul. Jadi hadis bisa memiliki banyak arti salah satunya adalah ucapan dan perkataan karena ucapan adalah fenomena yang yang bagian-bagiannya terjadi dan muncul sesudah yang lain. Allah Sw menyebut al-Quran dengan hadis m zikrin muhdatsin. Dan salah satu nama al-Quran adalah ahsanul hadis (perkataan yang terbaik). 

Adapun hadis dalam ilmu hadis yaitu ucapan tertentu yang mengungkapkan perkataan atau perbuatan seorang maksum. Sebagian ulama mengartikan hadis sebagai sesuatu yang baru lawan dari al-Quran yang qadim. Perlu dicatat sebagian besar ulama ahlu sunnah berkeyakinan bahwa al-quran dari sisi waktu bersifat kadim.

Sebagian ulama mengatakan bahwa ucapan-ucapan nabi dan manusia-manusia suci disebut hadis karena selalu menjelaskan hukum-hukum ilahi yang segar, aktual tidak ketinggalan zaman.  Jadi hadis dalam istilah islam adalah perkataan, perbuatan, taqrir dan sebagian menambahkan bahkan sifat-sifat nabi juga disebut dengan hadis.  

Hadis dalam tingkatanya untuk yang pertama terkait dengan perkataan RAasulullah dan para imam dan untuk tingkat berikutnya terkait dengan taqiri mereka. (Situs Tanya Islam.Net)      

© 2024 Tanya Islam. All Rights Reserved.