Selamat Datang di situs TanyaIslam.Net. Web ini berisi kumpulan tanya jawab seputar masalah dalam keislaman dan Anda pun bisa ikut mengirimkan pertanyaan kepada kami..

banner2
banner3
banner1


PERTANYAAN

Apakah Adam dan Hawa memiliki anak-anak?


JAWABAN


Dengan Nama-Nya Yang Mahatinggi 

Para Pengguna Situs Tanya Islam Yang Budiman 

Berkenaan dengan jumlah bilangan anak-anak Adam – seperti kebanyakan perisitiwa dan kejadian sejarah – tidak terdapat pendapat yang bersifat definitif dan pasti. Lantaran pada teks-teks standar sejarah kita saksikan adanya banyak perbedaan dalam menjelasan nama-nama dan jumlah bilangan mereka. Hal ini boleh jadi disebabkan bentang jarak waktu yang panjang dengan masa pencatatan sejarah dan dokumen-dokumen sejarah atau dikarenakan tidak pentingnya nama-nama mereka dan seterusnya.

Qadhi Nashiruddin Baidhawi dalam kitab Nizhâm al-Tawârikh, terkait dengan jumlah bilangan anak-anak Nabi Adam dan Hawa, berkata: Hawa tatkala mengandung ia melahirkan sepasang anak laki-laki (putra) dan anak perempuan (putri). Dan setiap putra berpasangan dengan putri (putra dari suatu kehamilan menikah dengan putri dari kehamilan yang lain).

Baidhawi melanjutkan, “Ia (Hawa) melahirkan 120 anak dan Qabil merupakan putra dari kehamilan keempat. Setelah tewasnya Habil, selang lima tahun, Adam memiliki putra dengan satu kehamilan, tanpa putri dan menamainya dengan nama “Syeits.” Adam berkata Syeits merupakan pengganti Habil dan putra yang memiliki berkah serta kelak akan menjadi seorang nabi. [1] Sesuai dengan pandangan ini; Adam dan Hawa memiliki 239 anak.

Thabari dalam kitab Tarikh-nya menjelaskan tiga pandangan berikut ini:

Untuk telaah lebih jauh silahkan lihat:

Tarikh Thabari, Tarikh al-Umam wa al-Muluk, jil. 1, hal. 145. Situs Tanya Islam.Net Diadaptasi dari Islam Quest 


[1]. Nashiruddin Baidhawi dan Muhaddits Mir Hasyim, hal. 5-6.  

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *