Apa perbedaan alam barzakh dengan alam jin?

Yang dimaksud dengan sedikit (min) pada surah al-Baqarah ayat 155[1] adalah bahwa kaum Muslimin akan diuji dengan sedikit ketakutan – bukan ketakutan yang berkepanjangan – demikian juga sedikit kelaparan, sedikit kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dengan kata lain, Allah Swt pada ayat ini berfirman kepada kaum Muslimin bahwa Kami akan menguji kalian dengan sedikit dan tak berarti dari ketakutan, kelaparan, kerugian harta dan jiwa.
Peringatan Allah Swt kepada kaum Muslimin adalah untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi pelbagai kesulitan dan kesusahan yang akan terjadi dalam menolong Rasulullah Saw; seperti jihad dan perang bersenjata, jihad dengan harta dan seterusnya..[2]  
 

[1]“Dan sungguh Kami akan berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”
[2]. Silahkan lihat, Fadhl bin Hasan Thabarsi, Majma’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an, jil. 1, hal. 435, Nasir Khusruw Teheran, 1372 S; Mulla Fathullahi Kasyani, Tafsir Minhaj al-Shâdiqin fi al-Ilzâm al-Mukhâlifin, jil. 1, hal. 342, Kitabpurusyi Muhammad Hasan Ilmi, Teheran, 1336 S.  
© 2022 Tanya Islam. All Rights Reserved.