Selamat Datang di situs TanyaIslam.Net. Web ini berisi kumpulan tanya jawab seputar masalah dalam keislaman dan Anda pun bisa ikut mengirimkan pertanyaan kepada kami..

banner2
banner3
banner1


PERTANYAAN

Bagaimana Iblis itu mati, (apaka karena umurnya sudah sampai, atau dibunuh oleh sesuatu) dan kapan?


JAWABAN

Berdasarkan ayat-ayat al-Quran akan hidup hingga hari kiamat dan masa ditiupnya sangkakala. Allah Swt, dalam memenuhi permohonan Iblis supaya ditangguhkan, berfirman, “Iblis menjawab, “Berikanlah tangguh kepadaku sampai waktu mereka dibangkitkan.” Allah berfirman, “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.” (Qs. Al-A’raf [7]:14-15)
Pada ayat lainnya dari al-Quran dalam menjawab permintaan tangguh dari Iblis disebutkan, “Iblis berkata, “Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka berilah tangguh kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.” Allah berfirman, “(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh,sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan.”(Qs. Al-Hijr [15]:36-38) dimana dalam beberapa riwayat, waktu tersebut ditafsirkan sebagai masa kemunculan Imam Mahdi Ajf[1] atau ditiupnya sangkakala.[2]
Terkait dengan bagiamana kematian Iblis kami persilahkan Anda untuk menelaah indeks “Setan dan Kematian,

[1]. Silahkan lihat Muhammad bin Mas’ud Ayyasyi, Tafsir al-‘Ayyâsyi, jil. 2, hal. 242, al-Mathba’at al-‘Ilmiyah, Teheran, 1380 S.  
[2]. Silahkan lihat, Syaikh Shaduq, ‘Ilal al-Syarâ’i, jil. 2, hal. 402, Kitab Purusyi Dawari, Qum, Cetakan Pertama, 1385 S.

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *