Seperti apakah Tafsir ayat 55 surah Ali-Imran

Untuk pertanyaan berkenaan dengan ayat di atas, ada banyak jawaban dan berbagai pendapat, yang di antaranya adalah:

1. Yang dimaksud dengan umat Nabi Isa As pada ayat tersebut adalah umat Rasulullah Saw; dengan tiga alasan berikut ini:

A. Karena dari segi masa, mereka adalah umat yang hidup setelah masa Nabi Isa As.

B. Karena Rasulullah Saw membenarkan ajaran Nabi Isa As dan kitab sucinya, dan orang yang membenarkan seorang lainnya artinya mengikutinya.

C. Syariat Rasulullah Saw dan syariat nabi-nabi lain dari segi tauhid adalah sama, oleh karenanya ajaran Rasulullah Saw tak jauh beda dengan ajaran nabi-nabi lainnya, termasuk Nabi Isa As.

2. Yang dimaksud dengan pengikut Nabi Isa As adalah orang-orang yang mengikuti kebenaran, yang diridhai oleh Allah Swt. Jadi, pengikut-pengikut kebenaran itu adalah pengikut Nabi Isa As hingga datangnya Rasulullah Saw, dan juga umat Islam yang mengikuti kebenaran Nabi Muhammad Saw.

3. Yang dimaksud dengan ayat di atas adalah bahwa kaun Kristen lebih dimuliakan Allah Swt daripada kaum Yahudi (tafsir ini lebih sesuai dengan sisi lahir ayat).

4. Yang dimaksud dengan pengikut-pengikut itu adalah umat Kristian dan Muslim, dan ayat ini ingin menegaskan bahwa kaum Yahudi bakal menjadi kaum yang hina dan rendah hingga hari kiamat.

Adapun mengapa umat Islam bukanlah umat yang mengingkari Nabi Isa As (bukan orang yang mengkafiri Nabi Isa As), karena jelas-jelas umat Islam tidak mengingkarinya bahkan membenarkannya. Yang mengingkari Nabi Isa As dan bahkan Rasulullah Saw adalah kaum Yahudi.

Umat Islam mengakui Nabi Isa As sebagai nabi besar utusan Allah dan termasuk ulul azmi pemilik syariat dan kitab suci. Jadi yang dimaksud dengan umat Nabi Isa As lebih unggul dari orang-orang kafir, bukan berarti orang kafir itu adalah Muslimin, karena umat Islam sama sekali tidak mengingkari dan kufur terhadap Nabi Isa As.

© 2024 Tanya Islam. All Rights Reserved.